Chery menegaskan ambisi untuk menjadi merek mobil China terdepan di Indonesia. Target itu ingin mereka capai hanya beberapa tahun dari sekarang.
Head of Brand Department PT Chery Motor Indonesia (CMI) Rifkie Setiawan membeberkan bahwa visi mereka adalah menjadi merek mobil China nomor satu di Indonesia. Gol tersebut, lanjutnya, ingin digapai sesegera mungkin.
Bahkan, menurut Rifkie, Chery percaya diri mampu menjadi merek mobil China terlaris di Indonesia dalam satu atau dua tahun ke depan.
“Secara tahun, kami penginnya segera. Kalau melihat dari perencanaan seperti dari perencanaan produk dan perencanaan jaringan, harusnya pada 2025 atau 2026 visi itu ditargetkan untuk tercapai,” beber dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam wawancara pada Jumat (1/11/2024) di Jakarta.
Chery, lanjutnya, ingin menjadi merek mobil China nomor satu di Indonesia antara lain dengan memadukan kendaraan bermesin konvensional serta kendaraan berteknologi elektrifikasi.
“Kami akan ekspansi berbagai produk yang punya potensi besar,” tandasnya.
Sebagai informasi, Chery kembali aktif di pasar Indonesia pada akhir 2022, setelah sempat masuk pada awal 2000-an dan menghilang. Pada percobaan kedua, mereka lebih serius dengan menggandeng perusahaan manufaktur PT Handal Indonesia Motor (HIM) untuk perakitan lokal.
Sejak 2022 sampai November 2024, Chery sudah merilis lima model dan seluruhnya sudah dirakit di pabrik Pondok Ungu, Bekasi. Daftarnya sejauh ini terdiri dari Chery Tiggo 5X, Chery Tiggo 7, Chery Tiggo 8, Chery Omoda 5, Chery Omoda E5.
Satu model di antaranya ialah mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) yakni Omoda E5. Pada Desember 2024, jenama yang bermarkas di Wuhu, China tersebut berencana merilis model mobil listrik kedua mereka yakni Chery J6.
Chery pun tak lupa membangun jaringan penjualan dan purnajual.
“Diler kami sudah 67 outlet yang beroperasi,” terang Rifkie.
Jika menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-September 2024, Chery merupakan merek mobil China terlaris ketiga di Indonesia dari sisi penjualan retail,. Volume penjualan mereka ialah 5.969 unit.
Merek mobil China terlaris di Indonesia sekarang adalah Wuling, dengan penjualan 17.713 unit selama sembilan bulan pertama 2024. Di ranking kedua, bercokol BYD, dengan penjualan 6.224 unit.
Sumber: https://www.mobil123.com/berita/chery-berambisi-jadi-merek-mobil-china-nomor-satu-di-indonesia-pada-2025-atau-2026-139727/139727